Langsung ke konten utama

Cerpen Harmoni Detak Jantung

Harmoni Detak Jantung
Karya : FIKRA HAIKAL



  Penerimaan siswa tahun angkatan 2013 pun tiba, seluruh siswa sekolah menengah pertama mulai sibuk mencari sekolah yang mereka inginkan.

  Namun, Aldi hanya pasrah akan keadaan nya saat ini, tiga tahun lalu ayahnya meninggal dunia karna kecelakan di tempat kerjanya,sekarang ia hanya hidup di sebuah gubuk sederhana bersama ibunya,kini aldi harus berkerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidup dia dan sang ibu, itu di sebabkan oleh ibu aldi sudah tak dapat berkerja lagi karena penyakit yang dideritanya,kini Aldi pun mengurungkan niatnya untuk melanjutkan pendidikanya ke jenjang berikutnya, jangankan untuk biaya sekolah kini dia pun harus tahan lapar tak makan karna seluruh uang hasil dia berkerja di gunakanya untuk membeli obat untuk sang ibunda.

  Semasa iya sekolah, Aldi adalah salah satu anak yang paling berprestasi di skolahnya, tiga tahun berturut-turut ia menjadi juara umum di sekolahnya, namun guru dan para temannya di sekolah tak pernah tahu akan kondisi kehidupan Aldi saat itu.
  Dia selalu bermimpi bisa menjadi penyanyi yang hebat seperti ibunya, dan bisa belajar si sekolah musik ternama di jakarta.

  Suatu hari sepulang dari tempat ia bekerja, sebuah mobil honda CR-V menabrak pohon di dekat tempat ia bekerja, Aldi pun bergegas berlari menuju mobil tersebut dengan niat memberi pertolongan kepada orang di dalam mobil itu, ia mendapati pengemudi mobil pingsan dan ia kaget ketika dia mengetahui yang mengemudikan mobil naas itu adalah Pak Ruslan seoarang pengusaha sukses di jakarta. Lalu ia bergegas mencari pertolongan,namun tak ada satupun saat orang melintas,jalanan sangat sepi, akhirnya ia pun berinisiatif memikul Pak Ruslan dan membawnya kerumah sakit terdekat.

  pihak rumah sakit pun menghubungi keluarga Pak Ruslan dengan bermodalkan kartu identitas yang di temukan di dalam sakunya, keluarganya pun segera datang kerumah sakit untuk menemuinya,setiba keluarganya di rumah sakit istri dan anak pak ruslan sangat shock melihat kondisi Pak Rruslan saat itu, dokterpun berkata kepada mererka, jika tadi ia tidak segera di bawa kerumah sakit kemungkinan besar dia akan meninggal.

  Anaknya pun bertanya kepada dokter,siapa yang membawa orang itu ke rumah sakit,dokter menjawab,”saya tidak tahu pasti,tapi dia seorang anak dengan baju compang-camping, dan saat ini dia sedang mengambil obat untuk Ayahmu,mungkin sebentar lagi ia akan kembali”.
  Beberapa saat kemudian ibu dan anak Pak Ruslan melihat Aldi sedang menenteng sebuah plastik biru berisikan obat masuk kedalam ruangan tersebut, Aldi pun kaget melihat Briyan dan ibunya ada di ruangan tersebut.
  Briyan adalah teman satu sekolah Aldi pada saat SMP, Briyan adalah anak yang sombong dan dia tak pernah suka dengan Aldi karena guru-guru sangat menyayangi aldi sebab aldi anak yang rajin dan pintar,dan Aldi pun lebih unggul dari pada Briyan dalam mata pelajaran seni musik, Briyan pun sangat membenci Aldi karena ia merasa tersaingi, dia selalu mem-Buly Aldi.

  Namun dengan sangat rendah hati Briyan memegang tangan Aldi dan mengucap terimakasih atas pertolongannya yang telah menyelamatkan nyawa ayahnya, lalu Briyan memeluk Aldi dan meminta maaf pada Aldi atas apa yang dia lakukan pada Aldi saat SMP, dan dengan besar hati Aldi memaafkan Briyan.

  Beberapa saat kemudian Briyan bertanya kepada Aldi,”kamu masuk SMA mana al? Kapan mulai sekolah?” dengan berat Aldi menjawab ”Aku putus sekolah yan, aku gak mampu membayar uang sekolah,sedangkan untuk kehidupan sehari hari aja susah,dan mana mungkin aku bisa masuk ke sekolah musik,biayanyakan mahal sekali yan” dengan kaget Briyan menjawab “ya ampun,sekali lagi aku minta maaf kepada mu al,aku gak menyangka sekali tentang keadaan mu ini,sebagai rasa terima kasih dan permintamaafan ku pada mu bagaimana jika kamu ikut sekolah musik denganku,orang tuaku pasti menyetujuinya,biar keluargaku yang membiayaimu al” tawar Brian,”aku tidak ingin menyusahkan siapapun yan, ku rasa kau tak usah melakukan itu dan akupun harus berkerja untuk membeli obat ibuku,ia sedang sakit”jawab Aldi dengan sedih,”apa kau tidak mau menggapai mimpimu? Dan masuk kesekolah musik? Soal ibumu keluaragku juga akan membiayai pengobatanya sampai ia sembuh,aku harap kau tidak menolak ini al”jawab Brian dengan penuh harap, Aldipun akhirnya menerima ajakan Briyan untuk bersekolah lagi denganya, mulai saat itu mereka menjadi sahabat yang sangat dekat.

  Briyan dan Aldi pun mulai bersekolah di sekolah musik ternama di jakarta,seiring berjalanya waktu mereka berdua menjadi siswa yang paling di sukai di sekolah itu,dengan suara khas yang merdu milik Aldi dan lincahnya jemari Briyan menari di atas piano,banyak teman wanita yang menyukai mereka, dan mereka juga sering mendapatkan prestasi yang bagus di sekolahnya dan juga mereka sering memenangkan lomba dan kompetisi musik di jakarta.

  Suatu ketika saat mereka turun dari atas pentas usai mengikuti lomba musik, Aldi mendapat kabar dari gurunya bahwa ibunya telah meninggal pagi tadi di karenakan penyakitnya,mendengar hal tersebut Aldi sangat terpukul mendengar hal tersebut, ia pun bergegas pulang,sesaimpainya ia di rumah dengan berurai air mata iya menangis melihat ibunya sudah terbaring di atas kasur dengan berlapis kafan dan para tetangga sudah membacakan yasin pada ibunya, melihat sahabatnya begitu terpukul Briyan datang dan menenangkan hati Aldi yang sedang bersedih.

  Seusai pemakaman mereka kembali,kini Aldi hidup sebatang kara, tidak ada seorangpun lagi dalam hidupnya orang-orang yang berarti untuk membuatnya bersemangat untuk bangkit,melihat keadaan Aldi, Briyan sebagai sahabat tidak ingin membiarkan Aldi terpuruk dengan keadaanya, Briyan pun mengajak Aldi untuk hidup dan tinggal bersama dirumah Briyan.

  Hari demi hari berjalan meninggalkan kisah sedih dalam hati Aldi,kini mereka berdua kembali menjalankan kegiatan sekolah mereka, Briyan membuat Aldi berhasil bangkit dari keterpurukan,dan merekapun bersiap mengikuti acara ajang musik ternama di indonesia.

  Mereka pun berlatih dengan keras agar mereka bisa lolos di audisi dan menjuarai ajang tersebut,dengan semangat juara mereka berlatih dengan keras.

  Tak terasa sudah tiga tahun mereka bersekolah akhirnya mereka berdua lulus dengan nilai yang sangat baik,hal ini membuat mereka tambah semangat untuk memenangkan ajang bergengsi tersebut.
  Suatu hari ketika mereka latihan tiba tiba Briyan jatuh pingsan pada saat memainkan pianonya, sontak Aldi pun terkejut melihat Briyan yang tiba tiba pingsan,Aldipun membawa Briyan kerumah sakit,sesampainya di rumah sakit Aldi sangat terkejut mendengar pernyataan dokter akan penyakitnya Briyan, selama ini Briyan tidak pernah cerita tentang penyakit kelainan jantung yang ia miliki, kini briyan hanya bisa bertahan jika ada orang yang mau mendonorkan jantung dengan golongan darah B untuknya,mendengar itu Aldi sangat terpukul mengingat bahwa Briyan adalah satu satunya sahabat yang menemaninya setiap saat dan Briyan adalah orang yang mewujudkan mimpinya.

  Aldipun memutuskan untuk memeriksa golongan darahnya,ternyata mereka memiliki golongan darah yang sama, tanpa pikir panjang Aldi pun bersedia mendonorkan jantungnya kepada Briyan.
  Akhirnya briyanpun sadar,kedua orang tuanya tak sanggup menahan haru melihat anaknya kembali kepada mereka,namun tidak ada lagi seorang Aldi di situ,Briyanpun menayakan Aldi kepada Ibunya,namun Ibunya hanya memberikan sepucuk surat dari Aldi yang berisikan seluruh rasa terimakasihnya kepada Briyan dan kini mereka berada dalam tubuh yang sama.

   Dan Briyan pun mewujudkan mimpi mereka dia pun berhasil menjuarai ajang bergengsi tersebut dan mempersembahkan kemenangan itu untuk sahabat yang sangat di cintainya.         

LTAMAT J

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMANG IYA - HAIKAL X HUDAL ( LIRIK ) Intro: Wellcome to my world.. Wellcome to my move.. (2x) Verse 1 : lets go.. wake up in the morning, with smile face and always singing.. see my life is so beauty,everything feel too much easy, but.. this  is the reality, you can see all of my body.. everytime im so busy ,but you can call me the pussy lazy..(hah) its how to can high, not easy to dreaming,right.. im still strong ,im the best and i never wanna wrack in high..(wod) you never know me, you just see the mask of me.. im not a celebrity, i just fly high like bumble bee.. i just a little boy,im not fake im a 90's boy.. ku hanya pemimpi kecil meraih mimpi and wanna be good boy..(go) ku mulai langkahkan kaki,kuatkan tekad meraih mimpi.. tak peduli di caci maki, kuatkan hati ku terbang tinggi.. I dont give up,i dont, i dont give up, mother father let me fight.. and ill never stop,lets dreaming until going crazy. Chorus: Kau sebut aku gila dan itu mem